Wilmar Jual 5.000 Ton Beras Medium ke Bulog, Harganya Segini

Buruh tani padi memanen padi diKawasan persawahan Primeter Selatan, Tangerang, Banten, Kamis (1/3/2018). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga rata-rata Gabah Kering Panen (GKP) di tingkat petani sebesar Rp 5.207,00 per Kg atau turun 3,84 persen dan di tingkat penggilingan Rp 5.305,00 per Kg di Februari 2018. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Dalam rangka mempercepat pengadaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP), pemerintah mengajak penggilingan padi untuk membantu mengisi gudang Bulog.

Dari kesepakatan yang dilakukan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pekan lalu, Direktur Operasional Wilmar Padi Indonesia, Saronto Soebagio mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mengisi gudang Bulog sebanyak 5.000 ton beras medium.

“Wilmar (komitmen kasih) 5.000 ton beras medium, sesuai kesepakatan dengan Bulog beras medium,” ungkap Saronto saat ditemui di Restoran Seribu Rasa Menteng, Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Mengenai harga jual beras medium, Saronto bilang sama seperti yang sudah diatur di Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Di dalam aturan HPP terbaru, Bulog membeli beras medium dengan derajat sosoh 95%, kadar air 14%, butir patah 20%, butir menir maksimum 2%, harganya Rp 9.950 per kg.

“Karena harganya pun juga harga beras medium, kualitas packnya juga medium. Harga beli Bulog Rp 9.950 per kg, kita mengikuti itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Saronto mengatakan bahwa tak ada kontrak yang mengikat dari kesepakatan bersama tersebut. “Dia bilang gak pakai kontrak, langsung kirim saja ke Bulog,” lanjutnya.

“Kita akan start kirim.. harusnya hari ini, tapi mungkin tertunda besok. Besok sudah mulai kirim ke Bulog,” tambah dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*