Pakai Lipbalm SPF, Beneran Penting atau Hanya Gimik Marketing?

Pakai Lipbalm SPF, Beneran Penting atau Hanya Gimik Marketing?

Ilustrasi bibir kering (Freepik)

Salah satu jenis perawatan tubuh yang semakin gencar dilakukan oleh banyak orang adalah bibir. Jika dahulu perawatan bibir identik dengan perempuan, kini laki-laki pun juga mulai tertarik untuk menjaga kesehatan organ wajah yang satu itu.

Biasanya, perawatan bibir identik dengan menggunakan pelembab berupa lip balm. Namun, kini banyak brand yang gencar mengenalkan produk lipbalm dengan kandungan SPF atau sunscreen yang memberikan proteksi dari sinar matahari dan paparan ultraviolet (UV). Pertanyaannya, apakah kita membutuhkan pelembab bibir dengan kandungan sunscreen?

Clinical & Scientific Lead AsaRen, Dr. Meryl “Mimi” Kallman, MD mengungkapkan bahwa sama seperti kulit, bibir juga harus dilindungi dari paparan sinar matahari dan UV. Ini karena bibir memiliki kulit yang sangat tipis dan sensitif. Menurut Dr. Mimi, produk perawatan bibir, seperti lip balm dengan kandungan SPF, tidak boleh absen dari rutinitas perawatan tubuh sehari-hari.

“Jadi, memang penting untuk pakai sunscreen atau SPF di bibir karena kulit di bibir memang tipis dan cukup sensitif. Bahkan lebih sensitif daripada kulit lainnya di bagian wajah,” ujar Dr. Mimi kepada CNBC Indonesia, Kamis (25/1/2024).

“Kemudian, bibir juga kekurangan melanin. Jadi, kita enggak ada proteksi yang alami dari radiasi UV,” ungkapnya.

Dr. Mimi mengatakan, kulit bibir yang terlalu sering terpapar sinar matahari dan UV dapat mengalami sunburn, kering, pecah-pecah, dan perih. Bila kondisi ini terus dilakukan tanpa perlindungan SPF, risiko kanker kulit atau mulut dapat meningkat.

“Kemudian kalau enggak pakai SPF di bibir, jelas [bibir akan] lebih cepat menua dan ada risiko terkena kanker kulit,” tegas Dr. Mimi.

“Kulit bibir yang jarang mendapat perlindungan dari sinar UV berpotensi mengalami risiko kanker mulut. Bahkan, tetap bisa berisiko kanker tanpa paparan sinar UV [jika tidak pernah dilindungi],” imbuhnya.

Menurut Dr. Mimi, cara merawat kesehatan kulit bibir sebenarnya sangat mudah dan serupa dengan penggunaan sunscreen untuk kulit bagian tubuh lainnya, yakni gunakan lip balm dengan kandungan minimal SPF 30 minimal 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

“Jadikan itu sebagai bagian dari rutinitas skincare (perawatan kulit) setiap pagi,” tegas Dr. Mimi.

Selain itu, Dr. Mimi juga mengimbau untuk selalu mengaplikasikan ulang (reapply) setiap dua jam sekali untuk melindungi sekaligus menjaga kelembapan bibir. Sebagai tambahan, ia juga meminta setiap individu untuk hindari kebiasaan menjilat bibir.

“Cobalah untuk tidak menjilat bibir sebisa mungkin. Sebab, kalau keseringan [menjilat bibir] bisa membuat bibir kering. Inflamasi,” tutupnya.

kas138

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*