Mulai Hari Ini Pemotor Nyeberang ke Sumatera Lewat Ciwandan

Pemotor memadati Pelabuhan Merak, Banten, di puncak arus mudik, Sabtu (30/4) dini hari. Ramainya pemudik motor ini bak 'lautan' kendaraan. (Andhika Prasetya/Detikcom)

Sebelum mudik arah Sumatera, perlu diingat pengendara motor tidak diperbolehkan menggunakan Pelabuhan Merak. Melainkan dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan. Sedangkan untuk kendaraan roda empat tetap melalui Pelabuhan Merak.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kepadatan yang bakal terjadi di Pelabuhan Merak seperti mudik Lebaran tahun 2022. Dimana terjadi penumpukan kendaraan di jalur Cikuasa atas dan Cikuasa bawah mengarah ke pelabuhan Merak.

“Karena itu ada beberapa keputusan yang kita sepakati yakni penambahan pelabuhan yang semula hanya Merak-Bakauheni, sekarang ini sudah ditambah Ciwandan. Dan di Sumatera juga akan ada penambahan pelabuhan yakni Pelabuhan Panjang. Jadi dari Ciwandan bisa ke Bakauheni atau ke Panjang dan itu sudah diatur dengan baik oleh ASDP, Kepolisian, TNI,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu (15/4/2023).

Pelabuhan Merak-Bakauheni menjadi salah satu titik krusial yang menjadi perhatian utama. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap kepadatan penumpang dan kendaraan di masa arus mudik dan balik masih terkendali.

Terlebih estimasi pemudik pada tahun ini diperkirakan akan bertambah.

Tidak hanya mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan, stakeholder terkait juga sudah menyiapkan kapal sebanyak 65 unit kapal di Merak-Bakauheni, 12 unit kapal roro di Ciwandan dan 3 unit kapal pelni untuk Ciwandan-Panjang; menambah kapasitas parkir kendaraan di area pelabuhan dengan merelokasi kantor ASDP Merak.

Selanjutnya, menyiapkan buffer zone di KM 68, Km 89 dan Km 97 di tol arah Merak. Selain untuk mengendalikan arus lalin (delaying system), tempat ini juga akan digunakan untuk memastikan penumpang sudah memiliki tiket yang dibeli secara daring/online dan memastikan ketepatan data manifest; serta melakukan pelebaran dan penataan bahu jalan Cikuasa bawah dan atas.

Pengendara roda 2 dapat menyeberang dengan menempuh rute Ciwandan-Bakauheni mulai hari ini hingga 21 April 2023 ditambah rute Ciwandan-Panjang untuk tanggal 19-21 April 2023.

Adapun untuk kendaraan truk golongan VB, pelayanan penyeberangan dari Pelabuhan Merak akan dilayani hanya pada tanggal 15-17 April 2023. Sehingga, untuk yang ingin menyeberang dari tanggal 18-21 April akan dialihkan menuju Pelabuhan Ciwandan. Sementara itu, bagi truk golongan VII sampai dengan golongan IX akan dilayani melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) sejak tanggal 15-21 April 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*