Jokowi Waspadai China & AS, RI Bisa Kena Getahnya!

Jokowi Waspadai China & AS, RI Bisa Kena Getahnya!

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024 dengan tema

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewaspadai situasi China yang main mengkhawatirkan, Indonesia merupakan mitra dagang utama, yang akan terdampak langsung jika ekonomi China melemah.

“Pelemahan ekonomi Tiongkok sebagai mitra dagang utama Indonesia harus kita antisipasi ini penting sekali,” terang Jokowi dalam acara seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024 di Hotel St Regis, Jakarta, Jumat (22/12/2023)

Jokowi juga menyoroti kebijakan moneter Amerika Serikat (AS). Meski ada rencana pelonggaran, namun kondisi ekonomi AS yang kuat tetap harus diwaspadai karena tidak menutup kemungkinan arah kebijakannya berubah.

“Pengetatan moneter AS yang tekan arus modal negara-negara berkembang dan menekan stabilitas sektor keuangan,” paparnya.

Jokowi mengingatkan https://sportifkas138.site/ kepada seluruh lini agar tetap konsisten dalam bekerja, berkelanjutan dan sinergi antara pemerintah dan swasta. Salah satunya dalam menarik investasi.

“Kita harus konsisten tarik investasi baik investasi di dalam negeri maupun dari luar. Investasi perusahaan-perusahaan besar maupun investasi usaha-usaha kecil,” ujar Jokowi

“Tapi juga bukan sembarang investasi kita harus fokus investasi yang beri nilai tambah besar ke negara kita investasi hilirisasi di sektor unggulan baik mineral pertanian perikanan dan kelautan perkebunan semuanya serta penguatan ekonomi digital hijau dan biru,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*