Jangan Kaget! Ini Produk RI yang Paling Banyak Dibeli Amerika

Bergeser ke pabrik rumahan pakain anak-anak yang juga mulai kesulitan untuk penjualan imbas dari banyak toko yang tutup di pasar Tanah Abang dan Pasar Cipulir sehnggai kesulitan untuk pemasaran. 

Pekerja mengatakan

 Amerika Serikat (AS) terancam gagal bayar utang dan dampaknya bisa terasa ke Indonesia, termasuk soal perdagangan.

Amerika Serikat adalah tujuan ekspor Indonesia terbesar kedua setelah China. Hingga 31 Maret 2023, nilai impor Indonesia ke Amerika mencapai US$1,97 miliar atau setara Rp29.07 triliun (kurs Rp14.755/US$), turun 25.19% dari periode yang sama 2022.

Berkontribusi sebesar 8.88% nilai keseluruhan ekspor Indonesia, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS).

Adapun produk paling laris dijual ke Amerika https://evolutionoforganic.com/ Serikat adalah pakaian jadi yang nilai ekspornya mencapai US$598,3 juta atau Rp8,83 triliun.

Selanjutnya ada peralatan listrik dan minyak kelapa sawit yang masing-masing nilai ekspornya mencapai Rp7 triliun dan 3,75 triliun.

Berikut 10 produk paling banyak diekspor dari Indonesia ke Amerika Serikat menurut data BPS:

Sebelumnya, Menteri Keuangan Janet Yellen pada Senin (1/5/2023) memperingatkan pemerintah mungkin tidak dapat membayar semua tagihannya secara penuh dan tepat waktu paling cepat 1 Juni mendatang. Meski begitu, perkiraannya masih tidak pasti.

AS sebelumnya mencapai batas utang US$ 31,4 triliun (Rp 462.113 triliun) pada Januari. Departemen Keuangan telah menggunakan uang tunai dan “tindakan luar biasa” untuk memenuhi kewajiban sejak saat itu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*