Jadwal Imsak dan Subuh Hari Ini Minggu 16 April 2023

Umat Islam Indonesia melaksanakan salat Tarawih untuk menandai awal bulan suci Ramadhan di Masjid Agung Sheikh Zayed Solo pada 22 Maret 2023 di Kota Solo, Indonesia. Indonesia, yang memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, menandai awal Ramadan pada Kamis dengan shalat Tarawih. (Ulet Ifansasti/Getty Images)

Jadwal imsakiyah untuk wilayah DKI Jakarta, Minggu (16/4/2023) atau 25 Ramadan 1444 H, penting diketahui agar Anda yang tidak terlewat. Imsak akan berlangsung 10 menit menjelang salat Subuh.

Para ulama sepakat bahwa batas waktu sahur adalah munculnya fajar shadiq yang ditandai dengan kumandang azan. Dari Ibnu Umar RA, ia berkata,

“Rasulullah SAW mempunyai dua muazin, yaitu Bilal dan Ibnu Ummi Maktum. Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya Bilal itu mengumandangkan azan pada waktu malam, maka makan dan minumlah kalian sampai Ibnu Ummi Maktum mengumandangkan azan.’ Beliau bersabda pula, ‘Jarak antara kedua azan itu hanya sekadar turunnya yang pertama dan naiknya yang kedua.'” (HR Muttafaq ‘Alaih)Dalam riwayat lain disebutkan, dari Zaid bin Tsabit RA berkata, “Kami makan sahur bersama dengan Rasulullah SAW lalu kami mendirikan salat.”

Ada salah seorang bertanya, “Berapa jarak antara sahur dengan salat itu?” Ia menjawab, “Kira-kira cukup untuk membaca lima puluh ayat.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam Kitab Syarah Riyadhus Shalihin karya Imam an-Nawawi yang disyarah oleh Mustafa Dib al-Bugha disebutkan, dianjurkan mengakhirkan makan sahur selama tidak dikhawatirkan terbitnya fajar shadiq dan dianjurkan pula menyegerakan berbuka.

Sebab, Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan, “Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” Imam Ahmad menambahkan, “Dan mengakhirkan sahur.”

Menurut Imam an-Nawawi, mengakhirkan sahur itu lebih menguatkan tubuh untuk beribadah.

Agar tidak tergesa-gesa saat sahur, umat Islam bisa melihat jadwal imsyak. Waktu imsyak ini bukanlah batas akhir sahur melainkan waktu untuk antisipasi. Umat Islam bisa menggunakan waktu ini untuk menyelesaikan makan sahur dan bersiap untuk salat.

Untuk wilayah DKI Jakarta, Minggu (16/4/2023), Subuh akan jatuh pada pukul 04:38 WIB. Berikut selengkapnya.

Imsak: 04:28 WIB

Subuh: 04:38 WIB

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*