Ga Ada War! Tiket Coldplay di Jepang Pakai Sistem Lotre

BUENOS AIRES, ARGENTINA - OCTOBER 25: Chris Martin of Coldplay performs during the first of ten shows as part of 'Music Of The Spheres World Tour' at Estadio Mas Monumental Antonio Vespucio Liberti on October 25, 2022 in Buenos Aires, Argentina. (Photo by Santiago Bluguermann/Getty Images)

 Konser Coldplay bertajuk ‘Music of The Spheres‘ resmi akan berlangsung di beberapa negara Asia pada November 2023. Selain Indonesia, Coldplay juga akan menggelar konser di Malaysia, Taiwan, dan Jepang.

Di Indonesia, penjualan pre-sale tiket konser Coldplay yang berlangsung pada 17-18Mei 2023 resmi ludes terjual. Bank BCA selaku penyelenggara penjualan harga tiket pre-sale Coldplay mengumkan sudah tidak ada lagi penjualan tike pre-sale. Berikutnya tiket akan dijual pada general sale 19 Mei 2023.

Selain harga konser, sistem pembelian tiket konser https://daftar-dwslot88.com/ Coldplay juga turut menjadi perhatian banyak masyarakat. Maklum, band bergenre British Rock ini punya banyak penggemar dari seluruh negara di dunia, maka tak heran banyak juga yang memburu sampai kemana pun Coldplay bermain.

Mekanisme pembelian tiket konser Coldplay di beberapa negara pun berbeda. Di Indonesia dan Malaysia, pembelian tiket hampir serupa. Yakni dengan mekansime ‘siapa cepat dia dapat’ atau dikenal dengan istilah ‘war’. Semua pembeli pada hari bersamaan, dan waktu bersamaan, akan berebut untuk membeli tiket pada laman resmi penyelenggara tiket.

Nah, menarik adalah sistem pembelian tiket konser Coldplay di Jepang. Di Negara Matahari terbit ini, tiket Coldplay dilakukan dengan mekanisme diundi atau sistem lotre. Hal ini juga yang dibahas oleh Fotografer asal Indonesia Kevin Pramudya Utama.

Lewat akunnya @kevinpramudya_, Kevin membagikan pengalamannya membeli tiket konser Coldplay di Jepang. Kevin pun menyarankan agar sistem lotre saat pembelian tiket konser bisa ikut diterapkan di Indonesia.

“Sudah saatnya Indonesia mengikuti Jepang dimana tiketnya diundi sistem lotre (lebih manusiawi?) dan menghapuskan sistem war tiket yang banyak botnya itu,” ujar Kevin seperti dikutip dari akun Twitternya, Kamis (18/5/2023).

Kevin mencontohkan saat melakukan pembelian tiket Coldplay di Jepang. Pertama yang harus dilakukan adalah memilih tiga kategori tiket yang diinginkan. Ini bisa dilakukan dengan memprioritaskan kategori apa yang paling diinginkan.

Setelah sudah memilih tiga kategori tiket yang diinginkan. Nantinya semua tiket yang sudah dipesan akan diundi. Jika salah satu dari prioritas tidak kepilih, maka masih ada kesempatan untuk bisa mendapatkan salah satu di antara dua kategori lainnya.

Selanjutnya pembeli akan diminta untuk memasukkan nomer kartu kredit/debit yang akan digunakan dalam pembelian tiket.

Berikutnya, pengumuman berhasil atau tidaknya sang pembeli, akan diumumkan seminggu hingga satu bulan setelah melakukan pemesanan tiket.

“Pengumuman dapet atau enggaknya biasanya seminggu-sebulan setelah kita order, makanya inilah yang disebut ‘sistem lotre’ daripada nunggu 500.000 orang (Dalam antrian seperti sistem pembelian tiket di Indonesia), gak adil banget,” jelas Kevin.

Jika berhasil mendapatkan tiket saldo akan berkurang otomatis, namun jika pembelian tiket tidak berhasil maka saldo tidak akan terpotong.

“Kita masukkin data cc aja sih buat pembayaran otomatis, saldo ga kesedot sama sekali selain kalau kita nanti berhasil dapet tiketnya, jadi aman lah,” kata Kevin lagi.

Dikutip dari Live Nation, promotor Jepang memang menerapkan sistem lotre. Namun, ini hanya terjadi saat pra-penjualan. Berikut ini aturan lengkapnya:

– Jika Anda tinggal di luar Jepang atau ingin membeli tiket di halaman bahasa Inggris, Anda dapat mengajukan tiket melalui tautan khusus di bawah ini.

– Pra-penjualan akan diadakan selama beberapa periode. Silakan klik tautan yang sesuai untuk setiap periode untuk melanjutkan ke halaman pembelian.

– Semua pra-penjualan akan diadakan berdasarkan lotre atau undian.

– Pembayaran hanya dengan kartu kredit.

– Semua tiket akan diambil di toko 7-Eleven di seluruh Jepang. Jika saat ini Anda tinggal di luar negeri, Anda dapat mengambil tiket Anda saat datang ke Jepang untuk menghadiri konser. Harap diperhatikan bahwa kami tidak mengirimkan tiket ke alamat Anda.

– Tempat konser memiliki area khusus untuk pengguna kursi roda. Untuk menghadiri pertunjukan dengan kursi roda, silakan beli tiket S dan ajukan permohonan untuk area penyandang cacat menggunakan formulir kontak kami. Perlu diketahui bahwa untuk alasan keamanan, meskipun Anda memiliki tiket selain S, Anda tetap harus menggunakan area penyandang cacat. Satu orang diperbolehkan menemani pengguna kursi roda ke area penyandang cacat, dan pendamping juga harus memiliki tiket S.

Dari sisi harga tiket konser Coldplay di Jakarta dan Jepang, juga jauh berbeda. Di Indonesia, tersedia 11 kategori tiket, sementara di Jepang hanya ada 6 kategori. Harganya pun lebih murah di Jepang dibandingkan dengan di Indonesia.

Di Indonesia, harga tiket dibanderol mulai dari harga Rp 800.000 hingga kategori termahal Ultimate Experience senilai Rp 11 juta. Harga tersebut belum termasuk pajak hiburan 15% dan fee 5%.

Nah, sementara di Jepang, harga hanya dibanderol dari 12.000 yen (sekira Rp 1,3 juta) sampai termahal 50.000 yen (sekira Rp 5,47 juta). Dengan harga tiket termahal, para penikmat konser Coldplay akan mendapatkan akses terdekat panggung, pintu masuk khusus, dan merchandise ekslusif. Kendati demikian, harga tiket tersebut belum termasuk pajak hiburan yang berlaku di Jepang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*